Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 01 Agustus 2016

Menurunkan Berat Badan


Cara cepat untuk menurunkan berat badan tentunya dengan sedot lemak. Namun selain keinstanan cara yang tentu kurang begitu baik terhadap kesehatan, sedot lemak harus menggunakan biaya yang cukup besar bahkan akan sangat berbahaya jika melakukan sedot lemak dengan seseorang yang tidak kompeten di bidang tersebut.
Untuk mendapatkan berat badan ideal, tidak ada salahnya anda melakukan beberapa cara sehat menurunkan berat badan di berikut ini.
1. Berolah raga.
Boleh dibilang, olah raga merupakan salah hal paling mendasar dalam kegiatan menjaga kesehatan tubuh, termasuk juga dalam menurunkan berat badan. Lakukan streching atau pemanasan ketika baru bangun tidur setiap harinya, dilanjutkan olahraga-olahraga ringan seperti lari ditempat 2-3 menit, push up 5-10 kali, dan sit up 3-5 kali. Selain itu, rutinlah untuk melakukan jogging (lari) selama 15 menit dalam 3-4 kali seminggu, baik itu di dalam maupun di luar ruangan

2. Mengatur pola makan
Selain berolah raga, mengatur pola makan juga merupakan bagian hal penting dalam menjaga kesehatan terutama menurunkan berat badan. Perbanyaklah makan-makanan berserat pada sayuran dan buah-buahan. Kurangi porsi karbohidrat dan perbanyaklah asumsi protein. Hindari camilan tidak sehat dan berbagai macam gorengan. Jika harus terpaksa memakan camilan atau gorengan, minumlah air putih atau teh hijau sebanyak mungkin disaat mencamil tersebut.

Hindari juga minuman-minuman bersoda karena soda sangat berpengaruh terhadap proses ekskresi tubuh.
3. Air Putih.
Air putih merupakan hal yang paling penting dalam proses metabolisme dalam tubuh. Jika air putih dalam tubuh berkurang, maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang mengganggu proses metabolisme tubuh dan ini menyebabkan penimbunan lemak pada bagian-bagian tertentu. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk mengerem nafsu makan yang terlalu berlebih. Cobalah untuk minum air sebelum anda mulai makan, air putih tersebut akan sedikit mengurangi rasa lapar.

Gunakanlah air putih yang benar-benar bersih dan tidak berbau. Penggunaan wadah yang steril dan bersih juga sangat berpengaruh terhadap proses penurunan berat badan
4. Teh hijau
Teh hijau digadang-gadang sebagai pelarut lemah yang ampuh, dan berbagai peneliian menunjukkan demikian. Jadi jika anda ingin cepat menurunkan berat badan, perbanyaklah mengkonsumsi teh hijau. Namun harus diperhatikan bahwa jangan terlalu banyak menggunakan gula. Atau jika memungkinkan, konsumsilah teh hijau alami tanpa menggunakan gula sedikitpun:)

5. Hindari stres
Stres yang berlebihan yang identik dengan menguruskan badan seseorang nyatanya juga berpengaruh untuk meningginya berat badan seseorang. Pola pikir yang sehat sangat berpengaruh demi berjalannya proses diet yang anda lakukan. Selain itu, stres berat berpengaruh kepada pola tidur yang tidak teratur

6. Cukup tidur dan bangun pagi
Udara pagi yang sangat bersih dan menyehatkan sangat bagus untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, jadi jangan ragu untuk bangun pagi-pagi buta. Bangun pagi juga memberi kita waktu lebih untuk sedikit melakukan olahraga ringan.

Aturlah jadwal tidur dan jangan begadang. Tidurlah kurang lebih 7-8 jam setiap harinya dan jangan tidur siang lebih dari 1 jam.
7. Mengkonsumsi rempah-rempah
Bersyukurlah karena Indonesia memiliki banyak jenis rempah-rempah berkualitas tinggi. Rempah-rempah ini sangat berguna bagi metabolisme tubuh dan tentunya sangat membantu menurunkan berat badan. Konsumsilah jahe, gingseng, kayu manis, kapulaga, kunyit, jintan, dan yang lainnya. Silahkan pergunakan bahan-bahan tersebut untk jamu maupun penyedap makananan anda.

8. Pijat
Lakukan pemijatan pada tempat-tempat menimbunnya lemak. Pijatan-pijatan kecil pada bagian tersebut membantu untuk mengurai lemak menjadi zat yang lebih bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, pijatan juga berperan penting terhadap kebugaran tubuh dan menghindari stres.

9. Buang air besar stiap pagi, setiap hari.
Lakukanlah buang air besar minimal satu kali sehari di waktu pagi. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Perbanyak makanan berserat dan hindari minuman bersoda sangat membantu teraturnya kegiatan BAB ini.

Itulah tadi beberapa tips menurunkan berat badan secara alami. Meski tidak terlau cepat, namun jika dilakukan teratur akan membuat hasil yang memuaskan dan tahan lama dan tentnya lebih aman dan murah dari sedot lemak. Meski begitu, lakukanlah secara teratur dan masif cara-cara yang dilakukan di atas selama 2 minggu dan rasakan hasilnya. Tentu untuk menjaga kesehatan dan berat badan normal, hal-hal ini sangat dianjurkan dilakukan sepanjang hayat.

0 komentar:

Posting Komentar